Saturday, September 24, 2005

PERKEMBANGAN DARI 3 SAMPAI 12 TAHUN

PERKEMBANGAN DARI 3 SAMPAI 12 TAHUN
Perkembangan 3 - 4 tahun

1. Aktivitas
* Ia sangat menyukai memanjat, berlari, melompat-lompat dan bermain
bola.
* Ajarkan cara mengendarai sepeda roda tiga.
* Ia senang menggambar. Ajarkan cara menggambar lingkaran, kotak, dan
garis.
* Gunakan crayon untuk mengajarkan warna-warna.
* Ia dapat belajar alfabet dan angka. Ajarkan ia menghitung sederhana.

2. Komunikasi
* Bacakan buku cerita dan kadang-kadang tanyakan tentang alfabet.
* Ajarkan untuk mengetahui 'kemarin, besok, nanti, sekarang'.
* Jawablah pertanyaannya bila ia menanyakan tentang arti suatu kata.
* Ia mulai belajar hal yang berlawanan. Diskusikan mengenai istilah
'panjang-pendek, tinggi-pendek, muda-tua'

3. Kemampuan interpersonal dan sosial.
* Tetaplah bermain dan membelai anak.
* Ia dapat membantu tugas rumah tangga sederhana, misalnya membereskan
* mainan setelah selesai bermain.
* Ajarkan untuk melepaskan kancing baju.
* Ia mulai belajar makan dengan sendok dan garpu.
* Ia dapat mencuci tangan, kaki dan wajahnya dengan sabun.
* Pujilah anak bila ia menemukan suatu permainan baru, dapat bermain
dengan
* anak lain, atau dapat membantu pekerjaan rumah tangga.

Kuesioner perkembangan
Pertanyaan berikut dirancang untuk anak umur tertentu. Cobalah menjawab
pertanyaan tersebut. Bila semua pertanyaan dijawab dengan 'Ya',
perkembangan anak anda nomal. Tanyakan pada dokter anda bila 3 atau lebih
jawaban pertanyan berikut adalah 'tidak'.

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 36 bulan
1. Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret
pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia
membuat coretan di kertas.
2. Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap
sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Kubus besar tidak dihitung.
3. Apakah ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata
misalnya: "Mau minum", "Adi lapar"
4. Apakah ia dapat menyebutkan nama dari 2 di antara 5 gambar binatang
yang diperlihatkan? Suara binatang tidak dihitung.
5. Apakah ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari
samping atau dari bawah tidak termasuk.
6. Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan
perkataan, bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
· Letakkan sapu tangan di atas meja
· Letakkan kertas ini di bawah kursi
· Letakkan kertas ini di depan kamu
· Letakkan kertas ini di belakang kamu
7. Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
8. Buat garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat
gambar seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan.
9. Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke
atas kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari
terlebih dahulu?
10. Apakah ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat
memasang tali sepatu.
11. Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3
meter?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 42 bulan
Apakah ia dapat melemparkan bola melalui kepalanya? Lemparan dari samping
atau dari bawah tidak termasuk.
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan,
bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
o Letakkan sapu tangan di atas meja
o Letakkan kertas ini di bawah kursi
o Letakkan kertas ini di depan kamu
o Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Buat garis lurus pada kertas sepanjang 2,5 cm. Katakan:"Coba buat gambar
seperti ini". Berikan 3 kali kesempatan.
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat ke atas
kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari
terlebih
dahulu?
Apakah ia dapat mengenakan sepatu sendiri? Anak tidak perlu dapat memasang
tali sepatu.
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3
meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai
makan?
Pertanyaan ini tidak sesuai dengan anak Indonesia. Jawab dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3
kali kesempatan untuk melakukan hal ini.
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati
kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari
terlebih
dahulu?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 48 bulan
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3
meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai
makan?
Anak anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3
kali kesempatan untuk melakukan hal ini.
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati
kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari
terlebih
dahulu?
Buat gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini".
Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat
menggambar
lingkaran?
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa
menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu
gilirannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu?
(Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang).
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?

Perkembangan 4 - 5 Tahun

KOMUNIKASI
Anak anda mulai dapat membaca beberapa kata
Anak anda dapat belajar untuk menghitung dan mengenali angka
Bimbinglah anak anda untuk mengenali buku lebih jauh
Anda dapat mulai mengajari anak untuk bernyanyi
Ingatan anak anda akan mulai berkembang dengan bantuan dari
permainan-permainan
Ajar anak anda tentang perbedaan musim-musim dengan mengajak bermain
diluar

KEMAMPUAN INTERPERSONAL DAN SOSIAL
Teruslah untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara
pada anak anda.
Berikan kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar.
Anak anda mulai ingin bermain dengan anak lain
Tolong anak anda untuk menjadi lebih mandiri.
Ajar anak anda untuk berbagi mainan, makanan dan barang-barang kesukaannya
dengan teman main dan anggota keluarga lainnya.

KUESIONER PERKEMBANGAN
Pertanyaan berikut dirancang untuk anak umur tertentu. Cobalah menjawab
pertanyaan tersebut. Bila semua pertanyaan dijawab dengan 'Ya',
perkembangan
anak anda nomal. Tanyakan pada dokter anda bila 3 atau lebih jawaban
pertanyan berikut adalah 'tidak'.

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 48 bulan
Apakah ia dapat mengayuh sepeda roda tiga sekurang-kurangnya sejauh 3
meter?
Apakah ia dapat mencuci dan mengeringkan tangan sendiri setelah selesai
makan?
Anak anda mendapat bonus satu jawaban YA. Jawab pertanyaan ini dengan YA
Apakah ia dapat berdiri pada1 kaki selama 2 detik atau lebih?. Berikan 3
kali kesempatan untuk melakukan hal ini.
Letakkan selembar kertas di atas lantai. Dapatkah anak melompat melewati
kertas dengan kedua kaki bersama-sama, tanpa melakukan gerakan lari
terlebih
dahulu?
Buat gambar lingkaran, lalu perintahkan: "Buatlah gambar seperti ini".
Jangan katakan bahwa itu adalah gambar lingkaran. Apakah ia dapat
menggambar
lingkaran?
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa
menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu gili
rannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu?
(Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang).
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 48 bulan
Apakah ia dapat menyusun 8 kubus kecil, satu di atas yang lain tanpa
menjatuhkan susunan kubus tersebut?
Pada saat bermain petak umpet, atau permainan lain apakah ia menunggu
gilirannya dan mengikuti aturan permainan dengan benar?
Dapatkah ia mengenakan celana panjang, baju dan kaus kaki tanpa dibantu?
(Tidak termasuk memasang kancing, tali pinggang).
Dapatkah ia menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu?
Tuliskan jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan
bantuan untuk menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan.
o Apa yang kamu kerjakan kalau
lapar?".......................................
o Apa yang kamu kerjakan kalau mengantuk?"...............................
Apakah ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah? Jawaban
bisa bermacam-macam tergantung kebiasaan anak.
Apakah ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari
6 detik?
Perlihatkan 2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan
garis yang lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan
kembali. Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3
kali tanpa membuat kesalahan?
Perlihatkan gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus. Jangan sebutkan
nama gambar tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar seperti ini".
Berikan 3 kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia dapat meniru
gambar tersebut?
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan,
bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
o Letakkan sapu tangan di atas meja
o Letakkan kertas ini di bawah kursi
o Letakkan kertas ini di depan kamu
o Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?

Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 60 bulan
Tuliskan jawaban anak terhadap pertanyaan berikut ini. Jangan berikan
bantuan untuk menjawab, kecuali mengulangi pertanyaan.
o Apa yang kamu kerjakan kalau
lapar?.......................................
o Apa yang kamu kerjakan kalau mengantuk?...............................
Apakah ia menjawab dengan kata-kata, bukan dengan mimik wajah? Jawaban
bisa bermacam-macam tergantung kebiasaan anak.
Apakah ia dapat mengancingkan kancing bajunya atau kancing baju boneka?
Apakah ia dapat berdiri pada satu kaki tanpa berpegangan selama lebih dari
6 detik?
Perlihatkan 2 gambar garis yang tidak sama panjang. Tanyakan: "Tunjukkan
garis yang lebih panjang". Tutup gambar tersebut, buka kembali dan tanyakan
kembali. Apakah ia dapat menunjukkan garis yang lebih panjang sebanyak 3
kali tanpa membuat kesalahan?
Perlihatkan gambar 2 garis yang bersilang tegak lurus. Jangan sebutkan
nama gambar tersebut. Katakan saja:"Coba buat gambar seperti ini". Berikan
3
kali kesempatan untuk menggambarnya. Apakah ia dapat meniru gambar
tersebut?
Apakah ia dapat mengikuti petunjuk arah yang diberikan dengan perkataan,
bukan dengan ditunjuk atau dengan mimik wajah kita?
o Letakkan sapu tangan di atas meja
o Letakkan kertas ini di bawah kursi
o Letakkan kertas ini di depan kamu
o Letakkan kertas ini di belakang kamu
Apakah anak dapat menentukan 4 arah dengan benar?
Apakah ia dapat ditinggalkan bersama orang lain tanpa menangis dan
menjerit-jerit?
Apakah ia mengetahui warna biru, merah, kuning dan hijau.
Apakah ia dapat meloncat pada satu kaki sebanyak 2 kali atau lebih?
Apakah ia dapat berpakaian lengkap tanpa bantuan?

Perkembangan 5 - 6 Tahun

Ingatlah, bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak
anda yang menentukan sendiri.

Aktivitas
Pada umur ini, anak anda sudah siap untuk mengendarai sepeda atau bermain
sepatu roda. Carilah sepeda dan sepatu roda yang didesain khusus untuk anak
kecil. Jangan lupa untuk membeli helm, pelindung lutut dan lengan untuk
keamanan anak anda.
Anak anda dapat mulai membantu anda membuat kue yang tidak terlalu sulit,
seperti membentuk kue dari adonan. Dia juga bisa diajak untuk membersihkan
sisa-sisa pekerjaan.
Bimbing anak anda untuk mengenali nama hari, minggu dan bulan. Bantu
mereka untuk belajar menandai ulang tahun dan hari libur di kalender.
Anda juga dapat mengajari anak anda untuk tentang waktu.
Tunjukkan cara menggunakan penggarisan untuk mengukur benda-benda.

Komunikasi
Seringkan untuk membacakan cerita untuk anak anda dan membahasnya.
Anak anda sudah dapat membaca tanda-tanda sederhana seperti tanda STOP
pada jalan.
Kemampuan Interpersonal dan sosial
Teruslah untuk sering memeluk, bercanda, bermain, tersenyum dan berbicara
pada anak anda. Berikan kenyamanan padanya apabila dia tampak gusar.
Puji anak anda apabila dia melakukan sesuatu yang positif.
Anak anda sudah harus diajarkan untuk mengikuti aturan keluarga.
Ajari anak anda untuk bermain dengan benar. Terangkan bahwa dia tidak akan
selalu menang dalam permainan.

Masa Sekolah
Perkembangan 6 - 8 Tahun

Ingatlah, bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak
anda yang menentukan sendiri.

Aktivitas
Anak anda mulai tampak aktif bergerak
Keseimbangan anak anda terus meningkat
Permainan kejar-mengejar mulai digemari anak anda
Anak anda sudah dapat menggunakan palu dan membangun rumah-rumahan
sederhana
Waktu bermain digunakan untuk bermain diluar, menggambar dan kerajinan
tangan.
Anak anda mulai menikmati untuk membuat permainan baru atau membuat
peraturan baru untuk sebuah permainan

Komunikasi
Anak anda sudah dapat menggunakan bahasa secara benar dan dapat mengerti
struktur bahasa yang baik
Terus dorong anak anda untuk membaca buku dan membuat cerita
Membaca, menulis serta berhitung harus masuk dalam pelajaran sekolah.
Anak anda sudah dapat mendefinisikan sebuah kata dan sudah dapat
membayangkan konsep dari kata yang abstrak
Anak anda mulai belajar untuk menyebutkan waktu
Ajari anak anda untuk mengenali alamat rumah anda

Kemampuan Interpersonal dan sosial
Pada umur ini anak anda mulai suka untuk bertindak yang aneh-aneh dan
mengganggu yang lain
Anak anda mulai menyukai lelucon dan teka-teki
Perhatian anak anda akan menjadi lebih luas
Ketertarikan akan agama mulai terbangun
Anak anda mulai ingin menjadi lebih mandiri

Perkembangan 10 - 12 Tahun

Ingatlah, bahwa setiap anak tumbuh dengan tempo yang berbeda. Biarkan anak
anda yang menentukan sendiri.

Aktivitas
Anak anda akan mulai menunjukkan rasa tertarik pada kemampuan akan
olah-raga tertentu
Anak anda mulai menyukai berinteraksi dengan teman-teman laki dan wanita
Pakaian dan penampilan mulai menjadi suatu hal yang penting
Anak anda mulai menyukai bermalam di rumah teman
Anak anda mulai menyenangi mengerjakan berbagai hal sendirian
Anak anda mulai menulis dairy
Mendengarkan radio dan bermain music mulai disenangi
Anak anda mulai mencari cara-cara yang lebih kreatif dalam menghabiskan
waktu senggangnya

Komunikasi
Terus mendorong anak anak untuk membaca buku. Kemampuannya membaca akan
terus meningkat secara gradual
Anak anda mulai mengerti humor
Anak anda akan mulai membicarakan perasaannya, tapi mungkin agak tertutup.

Kemampuan Interpersonal dan sosial
Penampilan menjadi semakin penting. Anak anda akan berpakaian seperti
idola remajanya. Pengaruh dari teman-teman sebaya juga akan mempengaruhi
penampilannya.
Anak anda akan mulai mencari privasi dan kesadaran akan dirinya makin
tinggi
Anak anda akan mempunyai idola yang lebih realistik
Perasaan khawatir dan grogi merupakan hal yang biasa pada anak seumur ini
Anak anda mulai mengambil bagian dalam diskusi keluarga
Anak anda akan mudah terpengaruh dengan teman sebayanya
Kegiatan keluarga menjadi kurang berarti buatnya. Sebaliknya, anak anda
akan semakin tertarik dengan dunia diluar rumah anda.