Saturday, September 20, 2003

Feng Shui dan Kesejahteraan Anak

Orangtua senantiasa ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Ilmu Feng shui yang berpedoman pada keseimbangan alam, dapat menjadi salah satu rujukan. Tapi jangan salah kaprah. Beberapa kepercayaan tentang anak dari Feng shui yang selama ini populer di masyarakat, ternyata hanya mitos.

Feng shui (Feng = angin Shui = air) adalah ilmu tata letak kuno dari Cina yang dikenal sejak 4000 tahun lalu. Meski keberadaannya terkait dengan budaya dan ajaran agama Budha, saat ini banyak orang menerapkannya mengingat ilmu tata letak ini memiliki landasan keseimbangan alam, sesuatu yang sifatnya universal dan bukan hanya milik agama tertentu.

Perkembangan jaman menuntut Feng shui ikut berkembang. Saat ini di banyak negara dan kebudayaan Feng shui menjadi salah satu aturan dalam ilmu arsitektur atau rancang desain, dikaitkan dengan psikologi penghuni rumah, sehingga selaras dengan alam sekitarnya.Anak termasuk penghuni rumah, karena itu dalam merancang suatu tempat, khususnya ruangan dimana anak kerap berada, misal, institusi sekolah, taman bermain, penitipan bayi, ruang perawatan pasien cilik di rumah sakit, toko anak-anak, dll, penting mempertimbangkan kondisi psikologis anak agar selaras dengan lingkungan.

Feng shui memandang dan memiliki gambaran khusus tentang anak. Dalam feng shui setiap anak memiliki karakter tersendiri, dikelompokkan berdasarkan shio, yang diatur berdasarkan faktor langit dan bulan saat anak lahir.Dalam Feng shui misalnya, ada anjuran agar orangtua yang ingin punya anak menghitung lebih dulu tahun dan waktu tepat untuk melahirkan anak. Ini penting agar anak dan orangtua cocok dalam banyak hal.

Shio orangtua dengan anak sebaiknya "nyambung" dan tidak bertentangan. Biasanya feng shui mengatur agar jarak shio orang tua dengan anak dekat, kalau bisa sama. Misal, sama-sama shio kelinci. Melalui feng shui orangtua juga dapat dengan mudah mengenal karakter anak sehingga lebih mudah mendidik dan mengarahkan. Feng shui menyebutkan setiap anak memiliki sifat khas sehingga perlu diperlakukan khas pula agar tumbuh dan berkembang optimal secara fisik, intelektual dan emosional.

Secara detail, Feng shui juga mengatur perlakuan terhadap anak, mulai penempatan ruang tidur, posisi tidur, dekorasi kamar, dsb. Pengaturan penting untuk kemajuan anak. Patokan dalam mengatur selalu dilihat dari tahun kelahiran anak serta jenis kelamin. Di bawah ini beberapa contoh aturan Feng shui bagi anak
Orangtua yang ideal sebaiknya memiliki shio tidak terlalu jauh satu sama lain, sehingga ada kecocokan di antara keduanya, dan rumah dimana keduanya tinggal menghasilkan aura nyaman pula bagi anak-anaknya.


Letakkan posisi tidur sesuai shio anak agar ia tidak rewel, lebih tenang, tidur enak dan nyaman, sehingga menghasilkan tidur yang berkualitas. Bila kondisi ini dipertahankan dapat meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan anak.

Posisi tidur anak laki-laki dibedakan dengan anak perempuan karena karakter dan kondisi psikologis mereka berbeda. Aturannya sbb:

- Anak lelaki shio kuda tidur menghadap arah barat laut, sedang anak perempuan shio kuda ke barat daya.

- Anak lelaki shio tikus ke utara, selatan timur, dan tenggara, anak perempuan ke timur laut, barat, barat laut, atau barat daya.

- Anak lelaki shio kerbau arah ke selatan, utara tenggara atau timur. Begitu pula anak perempuan.

- Anak lelaki shio macan ke timur laut, barat, barat laut atau barat daya. Perempuan ke utara, selatan, timur atau tenggara.

- Anak lelaki shio kelinci ke tenggara, timur, selatan, utara. Perempuan: ke barat daya, barat laut, barat atau timur laut.

- Anak lelaki shio naga ke timur, tenggara, utara, atau selatan. Perempuan ke barat, timur laut, barat daya, atau barat laut.

-Anak lelaki shio ular ke barat daya, barat laut, barat atau timur laut. Anak perempuan ke barat laut, barat daya, timur laut atau barat.

- Anak lelaki shio kambing ke arah barat, timur laut, barat daya, atau barat laut. Anak perempuan ke timur, tenggara, utara dan selatan.

- Anak lelaki shio monyet ke timur laut, barat, barat laut, barat daya. Perempuan ke tenggara, timur, selatan atau utara.

- Anak lelaki shio ayam ke utara, selatan, timur, tenggara. Anak perempuan ke timur laut, barat, barat laut, dan barat daya.Jika tempat tidur anak berbentuk tingkat, letakkan dekat jendela.

Jangan biarkan anak tidur di lantai karena yin chi, anergi dari dalam lantai, akan memasuki tubuhnya dan menyebabkan mudah sakit.

Letak kamar anak tidak disarankan lebih depan dari kamar tidur orang tua. Aliran udara atau chi dari kamar orangtua akan bentrok dengan udara dari kamar anak. Ini menimbulkan pertentangan antara anak dengan orangtua, dan menjadikan anak kurang hormat pada orangtua. Secara riil, privasi orangtua juga kurang terjaga.

Letak pintu kamar anak sebaiknya tidak berhadapan dengan posisi tempat tidur anak. Hadapkan pintu pada arah yang sesuai dengan tahun kelahiran anak. Selain itu, sebaiknya pintu kamar anak tidak berhadapan langsung dengan kamar orangtua.

Sesuaikan warna cat dinding kamar anak dengan shio-nya agar selaras dengan karakternya. Anak bershio naga, tikus, macan, yang berkarakter kuat dan keras dianjurkan menggunakan cat dinding kamar warna kuat dan cerah seperti merah, kuning, ungu. Anak bershio kuda, kambing, monyet, anjing, babi dan kelinci disarankan memilih warna lembut seperti putih, pink, atau hijau pupus. Anak shio ular dapat menggunakan warna kombinasi. Anak shio ayam segala warna.

Bila anak sudah sekolah, letakkan meja belajar menurut arah yang dianjurkan. Jangan membelakangi pintu karena mengganggu konsentasi. Letakan rak buku di punggung anak karena melambangkan ilmu pengetahuan mendukung hidupnya.

Hindarkan meletakkan cermin berhadapan langsung dengan posisi tidur anak. Cermin bersifat menyerap dan memantulkan. Sedang fisik anak masih lemah. Dengan tidur "bercermin" kekuatannya akan terserap cermin, sehingga mereka semakin lemah

Jika ingin, sejumlah benda baik dipasang di kamar anak, antara lain:
- Jam dinding dengan bandul bergerak ke kiri kanan, karena dapat menangkal sha chi atau pengaruh buruk.
- Gambar ular naga dan burung phoenix, karena dua binatang ini bersifat melengkapi satu sama lain.
- Memelihara kura-kura atau ikan mas hitam di akuarium di kamar anak. Kura-kura lambang umur panjang dan kemakmuran, ikan mas hitam lambang kekayaan. Jumlah hewan sebaiknya delapan karena jumlah pembawa keberuntungan.
- Pisau tajam diletakkan di kolong tempat tidur karena roh halus takut benda tajam.

Jika ingin menyimpan kotak mainan di kolong tempat tidur, pastikan selalu bersih.

Buatlah rumah yang nyaman bagi anak agar ia tidak suka keluar rumah atau keluyuran. Rumah harus bersih, tidak panas, sirkulasi udara baik, dan memiliki cukup ruang untuk anak bermain dan bergerak. Ini karena fengshui yakin rumah tempat terbaik dan teraman bagi tumbuhkembang anak. Bila anak sejak kecil tidak menyukai rumahnya, bukan tak mungkin ia akan terbiasa hidup di jalan secara tidak berkualitas.

Hindari meletakkan ayunan anak berhadapan dengan rumah karena gerakannya saat berayun seperti auman harimau, melambangkan kemalangan dan kesehatan yang buruk.

(Mila/BOD,Sumber; Wawancara dengan ...............dan Buku "Fengshui Praktis untuk Rumah Tangga", Albert Low)
Sumber: Majalah Tamasya

No comments: